Stop !! 6 Kebiasaan Jelek Ini Picu Datangnya Kanker -


    Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab janjkematian utama diseluruh dunia, dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id pada senin (4/2/2019) data Globocan (Global Burden Cancer) menyebutkan bahwa di tahun 2018 terdapat 18.1 juta kasus gres kanker dengan angka janjkematian sebesar 9.6 juta. Didunia 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan mengalami kanker.Selain itu, 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal karenanya.
     Lebih dari 30% dari janjkematian akhir kanker disebabkan oleh indeks massa badan tinggi, kurang konsumsi sayur dan buah, kurang kegiatan fisik, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol berlebihan.Lebih dari 60% kasus gres dan sekitar 70% janjkematian akhir kanker didunia setiap tahunnya terjadi di afrika,asia dan amerika tengah dan selatan.
     Lebih dari 30% penyakit kanker sanggup dicegah dengan cara mengubah faktor sikap dan teladan makan penyebab penyakit kanker, kanker yang diketahui semenjak dini mempunyai kemungkinan untuk mendapat penanganan lebih baik.
Berikut ini ialah kebiasaan-kebiasaan jelek yang harus dihentikan semoga terhindar dari risiko kanker.. apa saja?

1. Kebiasaan begadang 

    Suka begadang hingga pagi ? Sebaiknya mulai dari kini hindari kebiasaan jelek ini, selain obesitas, diabetes,susah konsentrasi, daya tahan menurun,hipertensi dan yang terburuk ialah risiko kanker.Alasannya ada yang menderita insomnia (insomnia),ada yang lantaran tuntutan pekerjaan mengharuskannya kerja deadline dll.Peneliti dari Universitas Bristol ,inggris ,lewat metode pengacakan Mendelian,peneliti menganalisis data sekitar 341 DNA yang mengontrol apakah seseorang termasuk dalam tim bangkit pagi atau begadang.Mereka memakai metode tersebut untuk melaksanakan penelitian dengan mengambil data dari 180.000 perempuan di Biobank inggris dan hampir 230.000 perempuan dari Studi Konsorsium Asosiasi kanker payudara,menurut peneliti orang-orang yang secara genetis menjadi doyan bangkit pagi lebih kecil kemungkinannya menderita kanker payudara dari pada yang doyan begadang.
Begadang juga sanggup sebabkan seseorang terjangkit kanker hati, organ hati perlu dijaga lantaran mempunyai fungsi menghilangkan racun(toksin) dari tubuh.
Berikut proses badan dikala anda tidur sebelum jam 9 malam:

  • Pukul 21.00-23.00 ialah waktu badan membuang racun dibagian kelenjar 
  • Pukul 23.00-01.00 ialah waktu badan membuanh racun dibagian hati 
  • Pukul 01.00-03.00 ialah waktu badan membuang cairan empedu
  • Pukul 03.05-05.00 ialah waktu badan membuang racun di paru-paru 
  • Pukul 05.00 dianjurkan untuk membuang air kecil semoga semua racun sanggup sepenuhmya keluar dari tubuh  

Pada pukul 23.00 hingga 01.00,bila anda tidak sedang tidur pulas maka fungsi organ yang sebagaimana membuang racun dibagian hati, tidak akan dijalankan, dan semakin hari semakin menghitam sehingga timbulnya kanker hati akhir racun dari badan anda sendiri.

2. Tidur didekat ponsel 

      Tidak sanggup dipungkiri keberadaan ponsel menggeser kehidupan berharga lainnya, dan lebih memprioritaskan gedget dibanding dengan kesehatan. Penggunanya pun dari aneka macam kalangan mulai dari anak-anak  hingga orang dewasa.Berbagai macam penyakit sanggup singgah dan yang paling berbahaya yaitu kanker otak.Tim dokter California Department Public Health,Amerika serikat (AS) menerangkan bahayanya pancaran sinyal radiasi dari smartphone yang terdiri dari emisi radiofrekuensi (RF),eksposur emisi radiasi smartphone sanggup merusak otak dan menjadikan anomali sel-sel otak, ujung-ujungnya sanggup menjadikan tumor atau bahkan kanker di otak atau telinga.Berikut ialah tips sederhana semoga terhindar dari efek jelek dari ponsel yaitu usahakan menyimpan ponsel atau alat elektronik lainnya jauh dari area tidur, ubah mode ponsel menjadi airplane atau baiknya matikan ponsel, hindari memainkan ponsel anda diatas jam sepuluh malam.

3. Sering mengonsumsi masakan kalengan

     Menurut sebuah penelitian di Environtmental Research Journal, sebagian besar masakan kalengan mengandung senyawa Bisphenol-A (BPA) yang sanggup dipakai sebagai perusak DNA, masakan kalengan juga mengandung materi pengawet dan zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan, sehingga sanggup memicu kanker dan diabetes tipe 2.BPA ini juga banyak di gunakan sebagai senyawa untuk produksi palstik,kertas dan akses air.Makanan kaleng sering dikaitkan dengan kanker payudara,prostat dan ovarium.Dari hampir 70% pengujian AS ini terbukti bahwa mereka yang mengandung BPA yang terkait dengan kanker dan kerusakan neurologis.

4. Mengonsumsi masakan yang dibakar 

    Makanan yang dibakar mempunyai rasa khas tersendiri ,rasanya lebih empuk dan terasa lebih lumer di ekspresi yang tentunya mengundang selera makan ya,mengonsumsi masakan yang dibakar tidak tidak boleh namun jangan berlebihan lantaran "semua yang berlebihan itu tidak boleh", kata seorang perempuan lulusan Doktor Ilmu Gizi Klinik Universitas Indonesia,Dr.Inge Permadhi,MS,Sp.GK, menurutnya masakan yang dibakar secara alami membentuk senyawa karsinogenetik,senyawa ini dianggap sebagai salah satu penyebab timbulnya sel kanker,membakar masakan ibarat daging,ayam,atau ikan dengan suhu tinggi sanggup menjadikan perubahan zat gizi masakan ,senyawa karsinogenetik ini muncul sesudah kandungan protein dalam materi masakan bereaksi dan berubah sesudah terkena panas berlebih" paparnya.

5. Teh dan kopi terlalu panas 

     Cuaca dingin, lagi hujan enaknya sih ditemanin dengan yang panas panas yaa.. Secangkir kopi panas pas bangat tuh apalagi di barengi sama bakwang 😁 .Air mendidih ternyata sanggup lapisan ekspresi dan tenggorokan sehingga memicu munculnya tumor.Kebiasaan minum minuman yang terlalu panas sebaiknya dihentikan mulai dari sekarang.Mengapa? lantaran kebiasaan yang satu ini sanggup memicu risiko terkena kanker kerongkongan.
Penelitian yang dilakukan oleh Tehran University of Medical Sciences di Iran menemukan bahwa orang yang secara teratur minum teh atau kopi panas pada suhu 60 derajat celcius atau lebih mempunyai peningkatan risiko terkena kanker kerongkongan hinga 90 persen.Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cancer ini mengamati kebiasaan minum 50.045 orang yang berusia 40-75 tahun yang tinggal di Iran,selama pengamatan dari 2004 - 2017, ditemukan 317 kasus gres kanker kerongkongan.Resiko kanker meningkat 2.4 kali lipat diantara mereka yang meminumnya pada suhu 75 derajat celcius.

6. Duduk terlalu lama

     Keseringan bermain gadget akibatnya lupa dengan kegiatan lainnya yang tanpa sadar memakan waktu yang usang secara kontinuiti.Ketergantungan terhadap smartphone membatasi kegiatan gerak seseorang. Peneliti Daniel Schmid dari universiry of Regensburg dijerman mengungkap bahwa kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak sehat sembari menonton televisi,bagi kanker endometrial (lapisan rahim),risikonya bahkan lebih tinggi, perempuan yang menghabiskan sebagian waktunya untuk duduk mempunyai risiko terkena kanker endometrial 32 % lebih tinggi,dan 66% lebih tinggi bagi mereka yang terlalu banyak duduk sambil menonton televisi.Setiap penambahan 2 jam duduk risiko kanker usus besar meningkat 8% dan risiko kanker endometrial meningkat 10%. Untuk menghindari hal tersebut anda sanggup melaksanakan kegiatan fisik rutin setiap hari, tidak harus dengan kegiatan berat, aktivias ringan pun sanggup anda lakukan,seperti bersepeda dan berjalan santai disekitar rumah.