27 Nov

4 Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid Terbukti Efektif

tips agar cepat hamil setelah haid

Usaha untuk mendapatkan anak bisa dimulai dengan mempraktekkan tips agar cepat hamil setelah haid yang sudah terbukti berhasil. Kehamilan memang menjadi momok bagi pasangan tertentu, sudah lama menikah tapi tak kunjung jua hamil. Jika bunda salah satunya, maka tips berikut sangat mungkin bisa membantu untuk mewujudkan impian bunda, hamil dan akhirnya memiliki momongan.

Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid

tips agar cepat hamil setelah haid

Langsung saja, berikut tips efektif yang sebaiknya bunda melakukan 4 cara ini :

1. Tingkatkan kualitas sperma dan ovum

Keduanya, sperma dan sel telur (ovum) harus berkualitas supaya proses pembuahan bisa berhasil. Karena itu, perhatian utama bunda dan suami harus tertuju kesini, bagaimana meningkatkan kualitas keduanya.

Ovum dikatakan berkualitas manakala ia mampu matang dengan sempurna dan melakukan ovulasi, yaitu keluar dari ovarium dan menuju ke tuba falopi. Sementara sperma, dikatakan berkualitas jika mampu bergerak hingga ke tuba falopi dan selanjutnya membuahi ovum.

Adapun cara efektif untuk tingkatkan kualitas sperma dan ovum adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat, yaitu tauge dan kacang hijau.

2. Lakukan hubungan secara teratur 2 – 3 kali seminggu

Sekarang bunda sudah tahu bagaimana tingkatkan kualitas sperma dan ovum supaya setelah haid bisa segera hamil. Masalahnya adalah, setelah berovulasi, ovum ini hanya akan hidup di tuba falopi maksimal 24 jam. Kalau tidak dibuahi dalam 24 jam tersebut, maka ovum ini akan mati sehingga kehamilan akan gagal.

Dengan kata lain, hubungan intim yang dilakukan sangat berpengaruh, yaitu harus mampu membuat sperma membuahi sel telur sebelum lewat 24 jam sejak ovulasi. Nah caranya adalah dengan berhubungan 2 atau 3 kali dalam seminggu sebagaimana yang dianjurkan oleh dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Baca Juga : Agar Cepat Punya Anak Kedua Setelah Haid

Berhubungan dengan cara ini akan membuat sperma selalu berada di tuba fallopi, sehingga tidak peduli kapan ovulasi akan terjadi, sperma sudah siap melakukan pembuahan. Jadi tips ke-2 cara cepat hamil setelah haid yang harus bunda dan suami lakukan adalah berhubunganlah 2 atau 3 kali setiap minggu.

3. Hindari stres

Sperma sudah berkualitas, sel telur pun begitu, cara berhubungan yang efektif juga sudah diketahui, tapi ada satu hal yang bisa menggagalkan semua usaha bunda dalam mempraktekkan tips agar cepat hamil setelah haid ini, yaitu… STRES.

Kenapa stres?

Sebab ketika wanita stres, maka pengaruhnya langsung kepada sel telur (ovum), di mana ovum ini tidak akan bisa berivulasi dengan baik, atau bahkan tidak bisa sama sekali. Ini artinya tidak ada ovum yang bisa dibuahi, jadi bagaimana bisa hamil setelah haid?

Disisi lain, meskipun ovulasi bisa berhasil dan sel telur mencapai tuba falopi, tapi stres ternyata juga bisa menyebabkan sperma kesulitan dalam membuahinya. Karena itu, kalau bunda ingin mendapatkan kehamilan, maka hindari stres, dan alihkan pikiran bunda kehal-hal yang positif.

4. Jangan terlalu gemuk

Ketika menjalankan promil maka jangan sepelekan pengaruh berat badan. Pasalnya, berat badan ketika terlalu gemuk bisa membuat bunda jadi susah untuk hamil. Ini karena banyaknya lemak yang menumpuk di dalam tubuh dan tidak digunakan sehingga memberikan efek negatif pada hormon reproduksi wanita.

Estrogen adalah hormon reproduksi yang akan terganggu, akibatnya adalah siklus haid menjadi terganggu dan ovulasi pun susah berhasil. Indikasi di mana berat badan terlalu gemuk dan bisa menghambat kehamilan adalah ketika nilai IMT nya di atas 25. Bunda bisa hitung nilai IMT disini. Jika ternyata nilainya di atas 25, maka lakukanlah diet sehat sampai berat badan bunda jadi ideal (IMT < 25).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *