27 Oct

Cara Cepat Hamil Anak Kedua Setelah Haid

cara cepat hamil anak kedua setelah haid

Sudah punya anak pertama dan ingin punya anak lagi? Jika ya, maka panduan cara cepat hamil anak kedua setelah haid ini cocok untuk bunda. Adakalanya untuk hamil anak pertama tidaklah susah, tetapi ketika menginginkan anak ke-2 masalah pun muncul, yaitu tidak kunjung hamil lagi.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Tidak perlu pusing, ikuti saja 4 hal yang diuraikan di artikel ini, maka kemungkinan untuk hamil lagi sangat besar.

1. Berhubunganlah di masa subur

cara cepat hamil anak kedua setelah haid

Dalam sebulan, ada saat di mana wanita berada dalam keadaan subur dan karenanya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sebab kalau tidak, bunda harus menunggu lagi bulan berikutnya untuk mendapatkan momen ini, yang artinya kesempatan untuk hamil tertunda lagi selama sebulan. Momen terbaik ini terjadi di masa subur bunda yang hanya datang pada hari-hari tertentu setelah selesai haid.

Umumnya, masa subur ini terjadi 14 hari setelah hari pertama haid terakhir. Jadi misalkan bunda mulai haid katakanlah di tanggal 6, maka masa subur bunda terjadi pada tanggal 20 di bulan tersebut (14 + 6 = 20).

3 hari sebelum dan sesudah tanggal 20 adalah masa subur biasa, sehingga secara keseluruhan bunda berada dalam keadaan subur dari tanggal 17 s/d tanggal 23 di bulan tersebut.

Tapi perlu diingat, cara ini hanya berlaku untuk wanita dengan siklus haid teratur 28 hari. Kalau siklus haid bunda tidak teratur, maka harus menggunakan cara lain… caranya silahkan bunda lihat disini.

2. Konsumsi asam folat untuk tingkatkan kesuburan

Cara cepat hamil anak kedua setelah haid yang harus dilakukan adalah tingkatkan kesuburan. Tidak sedikit wanita yang susah hamil disebabkan oleh kesuburan yang buruk, dan karena itu perlu meningkatkan kesuburan.

Cara paling efektif yang direkomendasikan oleh dokter ahli kandungan adalah konsumsi asam folat secara rutin. Asam folat memiliki kemampuan untuk menutrisi ovarium yang dengannya akan diproduksi sel telur dengan kualitas terbaik.

Pada pria, asam folat memiliki manfaat luar biasa, yaitu dapat mencegah kelainan pada sperma yang mana bisa menjadi penyebab anak terlahir cacat. Dengan mengkonsumsi asam folat secara rutin, maka istri memiliki sel telur berkualitas dan suami memiliki sperma yang sehat… hasilnya lebih mudah untuk bunda bisa hamil anak kedua.

3. Jangan terlalu gemuk

Tidak semua wanita gemuk sudah pasti akan susah hamil, sebab banyak faktor yang menjadi penentu bisa tidaknya kehamilan terjadi setelah haid. Tapi paling tidak bunda menghindari salah satu faktor penghambat kehamilan ini, karena sudah terbukti dari berbagai penelitian bisa menjadi penghambat kehamilan pada banyak wanita yang terlalu gemuk.

Pasalnya, saat gemuk berarti ada banyak lemak yang tidak dibutuhkan di dalam tubuh, lemak ini mempengaruhi kerja hormon estrogen yang berfungsi mengatur ovulasi dan siklus haid. Akibatnya masa subur sangat sukar untuk diketahui kapan terjadinya dan pembuahan juga akan sulit terjadi. Indikasi terlalu gemuk adalah kalau nilai Indek Massa Tubuh bunda lebih dari 25.

4. Hindari stres

Sudah banyak dibahas di blog tentang kehamilan seputar cara cepat hamil setelah haid selesai di mana stres benar-benar bisa menjadi momok ketika pasangan suami istri memiliki rencana untuk memiliki buah hati. Pasalnya, ketika bunda stres, pengaruhnya langsung ke sistem reproduksi bunda, yaitu ovum (sel telur) jadi susah berovulasi.

Artinya tidak akan ada sel telur yang dilepaskan ke tuba fallopi untuk dibuahi sperma, akibatnya bunda tidak bisa hamil. Karenanya, ketika bunda ingin punya anak kedua, maka jangan membebani pikiran bunda dengan hal-hal yang bisa menyebabkan stres. Sebab menjadi percuma bunda sudah praktekkan 3 hal di atas, tapi pikiran stres maka tetap susah untuk bisa hamil setelah haid.

Demikian informasi yang bisa dibagikan kepada bunda sehubungan dengan cara cepat hamil anak kedua setelah haid, harapannya bisa bermanfaat buat bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *