02 Dec

Beda HD-CVI dibandingkan dengan CCTV Analog dan IP Camera

Keunggulan HD-CVI 1

Dunia tehnologi terus berkembang dimana hal ini juga berdampak positif dalam berbagai hal, misalnya di dunia keamanan yang sangat terbantu dengan berkembangnya tehnologi CCTV (Closed Circuit Television). Baru-baru ini, muncul pengembangan tehnologi CCTV terkini yang metode transmisi sinyal video HD nya melalui kabel coaxial. Di dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai keunggulan HD-CVI dibandingkan dengan CCTV Analog dan IP Camera.

Sebelum  ada tehnologi kabel coarxial ini (HD-CVI), mungkin kita sudah mengetahui  tehnologi cctv dengan resolusi DVR ( Digital Video Recorder ) untuk kamera CCTV analog. Memang tehnologi ini masih terbilang biasa saja ketika kita harus membandingkannya dengan HD-CVI. DVR ini resolusinya hanyalah sebatas sampai 960H atau 960×576 pixel dimana ada perbedaan yang sangat jauh jika dibanding HD-CVI yang merupakan  solusi untuk jarak transmisi yang lebih jauh jika dibandingkan teknologi HD-SDI (High Definition Serial Digital Interface) atau IP Camera.

HD-CVI ini juga bisa dibilang sebagai teknologi yang sangat menyaingi IP Camera maupun HD-SDI dimana HD-CVI menggunakan transmitter (built-in di kamera) dan receiver (built-in di DVR) yang dapat mentransmisikan video dengan resolusi 720p (1280×720 pixel) hingga 1080p (1920×1080 pixel). kabel coaxial digunakan untuk mentransmisikan gambar  seperti yang digunakan untuk kamera cctv analog biasa. Kelebihannya, transmisi video dalam HD-CVI ini tidak dikompres dan mempunyai jangkauan transmisi yang cukup jauh jika dibandingkan dengan HD-SDI atau IP Camera. Teknologi HD-CVI ini juga dapat mentransmisikan sinyal video, audio, dan bahkan kontrol PTZ (pan tilt zoom) hanya dengan satu kabel coaxial saja.

Satu hal yang bisa dibilang menjadi keunggulan utama dari sistem HD-CVI adalah harga yang sama murah dengan harga kamera yang digunakan oleh cctv analog biasa. Tentunya akan lebih efisien menggunakan HD-CVI yang dengan harga sama dengan cctv analog biasa, namun sudah dapat kualitas sempurna bukan?

Keunggulan HD-CVI dibandingkan dengan CCTV Analog dan IP Camera

Keunggulan HD-CVI 1

Kelebihan HD-CVI dibanding kamera CCTV analog

  • RESOLUSI YANG PASTINYA LEBIH BESAR. Selain itu ada jangkauan transmisi video HD mulai 720p (1280×720 pixel) sampai 1080p (1920×1080 pixel).
  • HD-CVI hanya butuh 1 kabel coaxial
  • Harga kamera analog CCTV dan HD-CVI sebenarnya hampir sama, hanya saja resolusinya HD-Cvi sangat jauh diatas kamera analog
  • Kelebihan HD-CVI dibanding HD-SDI
  • HD-Cvi dapat mencapai 500 meter.
  • HD-CVI lebih murah dibanding HD-CVI
  • Kelebihan HD-CVI dibanding IP Camera
  • HD-CVI dapat menggunakan infrastruktur / jaringan kabel CCTV yang lama, hal ini tentunya dapat menghamat biaya.
  • Dengan kabel UTP IP camera hanya dapat menjangkau jarak sekitar 100 meter saja, sedangkan HD-CVI bisa sampai sejauh 500 meter.
  • Kamera dan DVR HD-CVI jauh lebih murah dibandingkan IP Camera dan NVR

Selanjutnya jika dibandingkan antara kelebihan HD-CVI dibanding IP Camera

  • IP Camera tidak bisa ditransmisikan dengan kabel coaxial (kecuali dengan perangkat ip over coaxial), sehingga harus membuat infrastruktur/jaringan IP baru. HD-CVI dapat menggunakan infrastruktur / jaringan kabel CCTV lama, sehingga sangat menghemat biaya.
  • Untuk instalasi standar dengan kabel LAN/UTP, IP camera hanya dapat menjangkau 100 meter saja, sedangkan HD-CVI bisa menjangkau 500 meter.
  • Kamera dan DVR HD-CVI jauh lebih murah dibandingkan IP Camera dan NVR
  • Kelebihan IP Camera dibanding HD-CVI
  • IP Camera dapat mencapai resolusi diatas HD-CVI, maksimal resolusi kamera HD-CVI adalah 1080p (1920×1080) atau 2 megapixel sedangkan IP Camera dapat mencapai 3MP, 5MP , sampai 8 Megapixel.
  • IP Camera dapat memakai POE (Power over Ethernet)
  • IP Camera dapat memenfaatkan perangkat TCP/IP untuk jarak yang sangat jauh misalnya dengan fibre-optic atau dengan wireless-LAN.

Semoga dengan artikel Keunggulan HD-CVI dibandingkan dengan CCTV Analog dan IP Camera dari kami dapat membantu anda dalam pemilihan perangkat keamanan berbasis kamera yang popular dengan nama CCTV (Closed Circuit Television).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *