02 Dec

Costum ROM di Android Sebenarnya untuk Apa?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai topik kita pada hari ini, mengenai kegunaan custom ROM di android. Ada baiknya kita mengenali apa fungsi ROM sebenarnya, dan jenis jenis ROM apa sajakah yang bisa kita temui di dunia teknologi ini.

ROM atau Read Only Memory adalah jenis memori yang hanya bersifat “dibaca-aja” alias tidak bisa diinstalin ulang. Atau di-rewrite dengan file file baru. ROM sendiri berfungsi untuk menyimpan file-file atau data yang digunakan untuk menjalankan sebuah perangkat. ROM ini bertugas untuk menyimpan OS dan menjalankannya.

Berbeda dengan RAM atau Random Access Memory yang membutuhkan perintah khusus untuk menjalankannya. Dan file yang dijalankan bisa “hilang” ketika smartphone dimatikan. Namun tidak dengan ROM, yang memberikan perangkat kamu akses untuk hidup secara otomatis ketika menyalakan handphone. Sebuah perangkat smartphone tidak membutuhkan tombol konfirmasi untuk menjalankan OS nya bukan? Nah, ROM ini memiliki beberapa jenis sesuai dengan hasil pengerjaannya.

Jenis Jenis ROM Android

Kegunaan Custom ROM pac man di Android

  1. Yang pertama adalah Stock ROMs, ROM jenis ini merupakan ROM yang masih default atau merupakan ROM dengan bawaan asli dari pabrikannya. Misalnya ROM yang dibuat oleh Apple tentunya akan membawa hasil ROM yang menjalankan sistim operasi iOS. Begitu juga dengan Symbian yang dijalankan oleh Windows Phone.
  2. Selanjutnya ada Manufacturer atau Carrier Stock ROM, yang merupakan ROM yang telah dimodifikasi atau ditambahkan oleh pihak lain. Biasanya pihak yang melakukan modifikasi ini merupakan pihak perangkat seluler atau jaringan telepon. Contoh yang paling mudah adalah Smartfren dengan mengusung beberapa handphone bundling mereka. Mungkin udah pada tahu dengan produk produk andromax yap. Smartren disini memasukkan sistim operasinya kedalam handphone produksi Huawei. Sehingga beberapa apps nya menjadi aplikasi bawaan andromax.
  3. Yang terakhir adalah custom ROM. Custom ROM sendiri adalah jenis ROM yang telah mengalami modifikasi dari pihak independen. Bisa dari pengembang atau penggunanya sendiri. Nah, kebanyakan pengguna custom ROM ini dari android yah. Mengingat OS android sangat terbuka dengan sistim ROM nya.

Apa Kegunaan Custom ROM di Android

Untuk kamu pengguna ponsel android pasti mempertanyakan apa kegunaan custom ROM ini? Custom ROM memiliki kelebihan antara lain adalah: dapat merubah tampilan android sesuai keinginan penggunanya. Kemudian dengan custom ROM kamu dapat memperbaiki kelemahan ROM yang dirilis vendor. Beberapa jenis ROM rilisan vendor misalnya, kurang user friendly dan tidak bisa ramah kepada pengguna di beberapa negara. Maka dimunculkanlah beberapa ROM untuk mendukung penggunaannya. Sebagai contoh yang mudah adalah MIUI dengan ROM Cina, ROM Global, dan ROM Distributor.

Kekurangan dari menggunakan custom ROM ini sendiri adalah, kehilangan garansi! Yak garansi memang hanya ditujukan untuk produk produk smartphone yang masih sesuai standart vendor yang merilisnya. Kemudian dengan menggunakan custom ROM kamu bisa memperpendek umur android, mengingat beberapa fungsi tidakakan berjalan dengan baik. Dan yang terakhir adalah, tidak bisa memperoleh update secara berkala dari vendor. Hal ini karena versi ROM yang telah dirubah tidak akan sama dengan Stock ROM bawaan vendor.

Beberapa jenis Custom ROM pun beredar di dunia kini. Kamu bisa memilih beberapa jenis custom rom terbaru dibawah ini:

  1. CYANOGENMOD
  2. PARANOIDANDROID
  3. AOKP CUSTOM ROM
  4. SLIM BEAN
  5. PAC-MAN ROM

Nah kalian bisa memilih tuh ROM yang cocok untuk android yang kalian gunakan, tapi hati-hati ya guys dalam memodifikasi ROM di Android, pastikan kalian benar-benar paham jika kalian tidak mau Android kalian Matot alias mati total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *