05 Jan

Kelebihan USB Type C yang Tidak Banyak Kalian Ketahui

kelebihan usb type c pada handphone

Konektor USB Type-C dikenal juga sebagai atau USB 3.1. USB Type-C adalah konektor USB terbaru yang diharapkan sebagai pengganti USB 2.0 atau USB 3.0. Teknologi kabel USB ini pertama kali digunakan pada produk Apple MacBook terbaru. Dan hingga kini mulai digunakan pada smartphone berbasis sistem operasi Android.

Misalnya adalah Xiaomi Mi 4c, Meizu Pro 5, dan OnePlus 2. Ada banyak sekali kelebihan usb type c ini. Sehingga tidak salah jika berbagai produsen smartphone sekarang berlomba-lomba melengkapi smartphone terbaiknya dengan teknologi USB Type-C.

Produk handphone Android yang pertama menggunakan teknologi ini adalah OnePlus 2. Penggunaan USB Type C ini terbukti mampu meningkatkan kecepatan transfer data dan juga kecepatan pengisian daya baterai. Teknologi baru ini menjadi solusi bagi desain smartphone yang semakin ramping.

Kelebihan dari USB Type C

kelebihan usb type c pada smartphone

Mengingat ukuran USB Type-C memiliki bentuk lebih kecil bila dibandingkan dengan USB standard pada umumnya. Berikut ini adalah kelebihan USB type C:

  1. Transfer Data Lebih Cepat

USB Type-C mempunyai kecepatan transfer data lebih cepat jika dibandingkan dengan port Micro USB 2.0. Micro USB 2.0 selama ini digunakan oleh smartphone Android umumnya. Dengan menggunakan port ini bahkan mampu memindah file dari komputer dengan kecepatan mencapai 10 Gbps.

Beda HD-CVI dibandingkan dengan CCTV Analog dan IP Camera

  1. Bentuk Lebih Ramping dan Anti Terbalik

Desain smartphone semakin lama terlihat menipis. oleh karena itu harus diimbangi dengan port USB yang berukuran lebih tipis. Nah solusi paling tepat adalah menggunakan USB dengan jenis Type-C yang memiliki ukuran lebih tipis bila dibandingkan port USB 2.0 dan USB 3.0. Yang menarik, port USB Type-C juga punya bentuk yang sama.

  1. Pengisian Daya Lebih cepat

Kelebihan USB Type-C selanjutnya adalah kemampuan transfer daya lebih cepat. Hal ini berakibat mempercepat proses pengisian daya baterai. Meskipun sekarang ini sudah banyak teknologi pada smartphone yang menggunakan Quick Charge. Namun dengan hadirnya USB Type-C akan semakin mempercepat pengisian baterai.

Bagi Para Gamers yang Suka Menggunakan Gamepad, Coba Game ini

Hal ini karena USB Type-C mampu dialiri arus listrik lebih besar dengan daya mencapai 20 Volt dan 5 Ampere. Daya ini lebih besar jika dibandingkan dengan USB tipe sebelumnya yang hanya sebatas 5 Volt dan 1.8 Ampere. Otomatis pengisian daya baterai dapat berjalan lebih cepat.

  1. Bebas Cabut Pasang Sampai 10.000 Kali

Kelebihan selanjutnya terletak pada daya tahan USB Type-C. USB ini memiliki daya tahan lebih lama jika dibanding USB pada umumnya. Bahkan USB Type-C ini bisa dipakai sebanyak 10.000 kali. Hal ini mengakibatkan penggunanya tidak perlu lagi khawatir cabut pasang untuk mengisi baterai atau mengambil data dari PC.

  1. Bisa tampilkan Gambar Beresolusi 4K

Kelebihan USB Type-C selanjutnya adalah kemampuannya untuk menayangkan gambar dengan resollusi yang besar. Bahkan resolusi yang bisa ditampilkannya mencapai resolusi 4K. Namun untuk melakukannya dibutuhkan konektor tambahan. Jika kita ingin mencoba menguhubungkan smartphone yang menggunakan usb berteknologi USB Type-C keperangkat berlayar besar, kita memerlukan perangkat tambahan tersebut karena rata-rata TV atau Proyektor memakai port VGA, atau HDMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *