12 Oct

Menikmati Keindahan Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul

pemandangan

Gunung Kidul merupakan satu dari beberapa provinsi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari jantung kota Jogja, untuk dapat ke Gunung Kidul membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam perjalanan.

Salah satu hal menarik dari Gunung Kidul dibandingkan dengan beberapa kabupaten lainnya, yaitu kekayaan wisata alamnya, terutama pantai. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari situs jogjaku.id, Gunung Kidul diketahui memiliki pantai dengan jumlah lebih dari 60. Sangat memukau, bukan?

Meskipun memiliki jumlah pantai yang sangat banyak, namun tidak semua pantai di Gunung Kidul ramai dikunjungi wisatawan. Terdapat beberapa spot pantai yang memiliki keindahan luar biasa, namun tidak diketahui oleh banyak orang.

Jika kamu datang ke pantai terkenal saat hari liburan, bisa dipastikan kondisinya akan seperti pasar, alias sangat ramai dengan pengunjung. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan suasana yang lebih privat, kamu dapat mengunjungi beberapa pantai tersembunyi di bawah ini.

Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul

1. Pantai Wohkudu
pantai gunung kidul
Pantai tersembunyi yang pertama yaitu Pantai Wohkudu. Pantai yang beralamatkan di Panggang, Gunung Kidul ini merupakan tempat yang sangat asik bagi kamu yang tidak terlalu suka mengunjungi wisata mainstream.

Minimnya informasi tentang Pantai Wohkudu, serta akses jalan yang belum terlalu baik, membuat tidak banyak wisatawan yang datang ke lokasi wisata ini. Kawasan Pantai Wohkudu tidak lebar untuk digunakan bermain air, akan tetapi sangat asik jika digunakan untuk camping.

2. Pantai Sanglen
Berbeda dengan Pantai Wohkudu yang memiliki kawasan sempit, Pantai Sanglen justru memiliki luas pantai yang beberapa kali lipat dari Pantai Wohkudu. Di Pantai Sanglen, pengunjung dapat menikmati indahnya panorama alam dari atas bukit yang ada di pinggir pantai.

Akses jalan untuk menuju Pantai Sanglen sudah cukup baik. Hanya saja, saat akan memasuki wilayah pantai, hanya kendaraan bermotor saja yang dapat melaluinya.

3. Pantai Watu Lawang
Meskipun berada di lokasi yang tidak sulit ditemukan, yaitu berada di tengah-tengah Pantai Indrayanati dan Pantai Pok Tunggal, nyatanya Pantai Watu Lawang masih minim dikunjungi wisatawan.

Selain dapat menikmati indahnya kawasan pantai, pengunjung juga dapat menemukan adanya kehadiran goa di sisi lain pantai. Pantai peringatan hari tertentu, goa pada Pantai Watu Lawang biasanya digunakan untuk prosesi upacara adat dan masih berlangsung hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *