02 Dec

Cara Mudah Menghitung Modal Bisnis Pewangi Laundry dan Sewa Motor

Cara Menghitung Modal Usaha

Cara Mudah Menghitung Modal Bisnis Pewangi Laundry dan Sewa Motor – Seringkali muncul pertanyaan: “Berapa juta sih modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha sekarang ini?”. Jawaban yang kerapkali datang adalah: “…sekian juta rupiah, atau sekian belasan juta rupiah…” benarkan? Intinya, ada nominal yang keluar. Tapi, kalau Anda yang dibalik tanya seperti itu, Anda belum tentu bisa menjawab. Karena pada umumnya ketika kita ingin menjalankan usaha, banyak sekali diantara kita yang tidak tahu bagaimana Cara Mudah Menghitung Modal Bisnis Pewangi Laundry dan Sewa Motor.

Cara Menghitung Jumlah Modal Usaha

Cara Menghitung Modal Usaha

Sekarang saatnya kami akan memberikan tips ini kepada Anda tentang cara menghitung jumlah modal usaha yang di butuhkan bila ingin memulai sebuah usaha. Pada umumnya, dalam menjalankan usaha, terdapat 3 jenis modal usaha pokok yang akan Anda keluarkan, apa saja itu:

    • • Modal Investasi Awal
    • • Modal Kerja
    • • Modal Operasional

Mari kita simak detail pembahasannya dibawah ini:

Modal Investasi Awal

Apakah yang dimaksud dengan modal investasi awal itu? Gampangnya adalah modal yang kita keluarkan pada awal usaha, dan pada umumnya dipakai untuk jangka waktu yang panjang. semisal modal ini adalah kios atau bangunan, peralatan seperti komputer, motor, peralatan kantor dan barang-barang lainnya yang dipakai dalam jangka panjang.
Kalau usaha Anda usaha bengkel motor, maka modal yang diperlukan pada investasi awal Anda adalah bangunan, alat-alat perbengkelan, dan penunjang lain yang diperlukan di bengkel tersebut. Kalau usahanya toko kelontong, maka modal investasi awalnya adalah rak, meja, mesin kasir bila diperlukan.

Pada umumnya, modal ini nominal cukup besar karena digunakan untuk jangka waktu panjang. namun nilai dari Modal Investasi Awal ini akan terus menyusut dari tahun ke tahun bahkan bisa dari bulan ke bulan.

Modal Kerja

Modal kerja merupakan modal yang dikeluarkan setiap bulan, atau setiap datang order , untuk membeli atau membuat barang dagangan Anda.

Sebagai contoh, kalau usaha Anda usaha warung makan, maka modal kerja yang Anda butuhkan adalah modal untuk membeli bahan pokok makanan. Kalau usaha Anda usaha pembuatan barang kesenian, maka modal kerja Anda adalah uang yang Anda keluarkan untuk membeli bahan baku kesenian.

Kalau usaha Anda adalah jasa fotokopi, ya modal kerja Anda uang yang Anda keluarkan untuk membeli kertas, toner, dan yang lainnya. Intinya, modal kerja, akan bisa menyelesaikan pesanan (order) Anda atau tidak jika memiliki barang dagangan. Nanti, bisa-bisa Anda malah tidak akan dapat pembeli karena barangn dagangannya saja tidak ada. Itulah pentingnya modal kerja.

Modal Operasional

Modal usaha yang terakhir adalah modal operasional. Modal operasional adalah modal yang harus Anda keluarkan untuk membayar biaya operasional bisnis Anda. semisal pembayaran gaji pegawai, bensin kendaraan, bayar telepon bulanan, PLN, air, bahkan retribusi.

Pembagian pos dalam modal operasional ini pada semua bisnis intinya hampir sama. Ini dikarenakan pada prinsipnya, yang dimaksud dengan modal operasional adalah uang yang harus kita keluarkan untuk membayar biaya-biaya di luar bisnis Anda secara langsung. Jadi, Modal Operasional ini biasanya dibayar secara harian atau bulanan.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini tentang Cara Menghitung Modal Usaha pewangi laundry dan sewa motor jogja bila anda tinggal di jogja dilihat dari usaha pada umumnya. Hendaknya bagilah selalu modal usaha anda sesuai posnya masing-masing. Agar anda tidak merasa berat ketika mengeluarkan modal usaha tersebut. Dan pastikanlah selalu ketersediaan dana untuk modal kerja, supaya orderan atau pesanan selalu tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *