22 Jan

Negara Indonesia Beserta Penjelasaanya

negara indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia – Negara kesatuan merupakan negara berdaulat yang berjalan dalam satu pemerintahan yakni pemerintah pusat. Pemerintah pusat merupakan puncak pimpinan tertinggi dalam suatu negara. Dalam mobilisasi pemerintahannya pemerintah pusat mendelegasikan kekuasaanya terhadap pemerintahan di tiap daerah.

Indonesia merupakan negara kesatuan yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Indonesia berada di antara Benua Australia dan Benua Asia. Selain itu, Indonesia terhitung merupakan negara kepulauan terbesar yang miliki 17.000 pulau dan berada satu diantara dua samudera besar, yakni Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Karena itulah Indonesia disebut terhitung sebagai Nusantara.

Tujuan Negara Indonesia

negara indonesia

Tujuan Negara Indonesia semuanya terangkum dalam alinie ke 4 terhadap Undang Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Yaitu sebagai berikut:

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan semua tumpah darah Indonesia.
2. Memajukan kesejahteraan umum.
3. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
4. Ikut melakukan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Negara Kesatuan Republik Indonesia disingkat NKRI adalah negara merdeka yang miliki banyak suku dan budaya. Keanekaragaman inilah yang mengakibatkan Indonesia begitu privat di mata dunia.

NKRI merupakan kombinasi kesatuan lokasi berasal dari Sabang hingga Merauke. Sabang diawali berasal dari Nangroe Aceh Darussalam (NAD) hingga Merauke di Irian Jaya (Papua).

Indonesia miliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tapi selamanya satu. Ini benar-benar cocok gara-gara Indonesia miliki benar-benar banyak suku,bahasa,budaya dan kepercayaan. Walaupun secara resmi Indonesia hanya mengakui 5 agama, terhadap prakteknya masih banyak masyarakat yang percaya terhadap animisme dan dinamisme.

Wilayah Indonesia banyak didominasi oleh pulau-pulau yang terpencar-pencar, gara-gara itulah Indonesia disebut sebagai negara kepulauan atau negara maritim terbesar di dunia. Walau terpencar-pencar, populasi terbanyak menempati pulau Jawa.

Indonesia terhitung miliki lahan hijau yang luas sehingga disebut sebagai Zamrud khatulistiwa. Wilayah alam yang luas mengakibatkan Indonesia dianggap sebagai negara bersama dengan tingkat keanekaragaman hayati terbesar ke dua di dunia.

negara indonesia

Bangsa Indonesia lahir terhadap tanggal 17 Agustus 1945, itu merupakan hari kemerdekaan Indonesia berasal dari tangan penjajah asing yang memeras kekayaan alam Indonesia. Kemerdekaan Indonesia ditandai oleh pembacaan teks proklamasi oleh presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno. https://gellsy.com

Bangsa Indonesia miliki tekad untuk eksis di dunia internasional dalam bentuk negara kesatuan. Kesepakatan ini tercermin berasal dari rapat-rapat yang dikerjakan oleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia dalam menyusun UUD sebelum Indonesia merdeka.

Salah satu founding father Indonesia yang bernama Soepomo terhadap sidang BPUPKIvmenghendaki bentuk negara sejalan bersama dengan mengerti intergralistik. Intergralistik berarti menyaksikan negara sebagai suatu organisme.

Hal mirip terhitung dulu dikatakan oleh Muhammad Yamin, bahwa bangsa ini membutuhkan negara yang berwujud unitarisme dan bentuk negara adlaah negara kesatuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *