23 Oct

Souvenir Pernikahan, Antara Kebiasaan dan Keharusan

souvenir pernikahan

Di Indonesia, saat menghadiri pesta pernikahan, Anda biasanya akan disuguhi oleh souvenir pernikahan. Suovenir ini sengaja disediakan oleh pihak penyelenggara pesta alias tuan rumah untuk para tamu undangan sebagai ucapan terima kasih mereka karena tamu undangan telah bersedia memenuhi undangan yang mereka berikan.

Di negara – negara lain, kebiasaan memberikan souvenir di pesta pernikahan untuk para tamu undangan ini cenderung tidak ada. Kebiasaan ini hanya berjalan di Indonesia. Dan hebatnya lagi, tidak jarang tuan rumah yang menyelenggarakan pesta pernikahan harus menyediakan uang hingga beberapa juta rupiah hanya untuk menyediakan souvenir pernikahan saja.

Karena kebiasaan menyediakan souvenir pernikahan ini sudah dilakukan secara turun – temurun, kebiasaan ini acap kali dianggap sebagai sebuah keharusan. Padahal kenyataan tidak seperti itu. Hal ini sebenarnya sama sekali bukan keharusan, sehingga jika Anda tidak ingin menyediakannya, sebenarnya hal tersebut bukan lah sebuah masalah yang besar.

Wajibnya Souvenir di Pesta Pernikahan

souvenir pernikahan

Hanya saja, perlu diingat, karena pemberian souvenir di pesta pernikahan ini sudah dianggap sebagai hal yang nyaris wajib, maka jika Anda tidak menyediakannya, pesta pernikahan Anda kemungkinan besar akan dianggap kurang lengkap dan kurang menarik. Untuk itu, ya kembali lagi, jika Anda ingin pesta pernikahan Anda dianggap lengkap, mewah dan atraktif, Anda mau tidak mau harus menyediakan souvenir pernikahan yang bagus dan menarik di mata para tamu undangan.

Di era modern seperti sekarang ini, souvenir pernikahan sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah. Bahkan, jika mau, Anda bisa memesan souvenir untuk pesta pernikahan tanpa perlu keluar dari ruang kerja atau pun rumah Anda sama sekali. Kenapa? Karena produk souvenir ini saat ini sudah bisa dibeli secara online dengan menggunakan perangkat gadget.

Jenis souvenir yang tersedia pun juga sangat beragam. Dari mulai souvenir biasa – biasa saja yang harganya murah, sampai dengan souvenir yang bagus dan berkelas yang harganya mahal, semuanya sudah tersedia untuk dipesan dan dipilih.

Jadi, bagaimana? apakah Anda akan menyediakan souvenir pernikahan di pesta pernikahan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *